Ada
hal yang sederhana kadang tidak terperhatikan ketika kita melihat ikan
di air, burung saat terbang ternyata hewan-hewan tersebut kestabilannya
sangat dipengaruhi oleh ekornya.
Fenomena pada kedua hewan tersebut menginspirasikan untuk mencoba membuat modifikasi pada sisi belakang agar mini4wd meluncur stabil pada kecepatan yang cukup tinggi, serta memodifikasi sedikit pada bagian depan agar pada saat tanjakan dan turunan kesetabilan tetap terjaga.
Untuk mendapatkan kestabilan
yang tinggi dipelukan ketelitian yang luamayan melelahkan, dan tidak
hanya sekali saja diuji, melainkan harus berkali-kali diuji.Fenomena pada kedua hewan tersebut menginspirasikan untuk mencoba membuat modifikasi pada sisi belakang agar mini4wd meluncur stabil pada kecepatan yang cukup tinggi, serta memodifikasi sedikit pada bagian depan agar pada saat tanjakan dan turunan kesetabilan tetap terjaga.
Contoh
pada foto pasangan bemper FRP bagian depan dipasang 2/dua rangkap ini
dimaksudkan untuk mengokohkan / menguatkan pemasangan tiang roler agar
berdiri dengan kokoh dan pemasangan mur dengan mudah mengikat tiang
roler serta akan menambah beban mini 4wd lebih berbobot / tidak ringan.
Pada bagian depan lainnya pasangkan mur untuk pengikat ball/bola
sehingga ketika mini4wd menanjak / menurun bola/ball akan
tergesek/menyentuh track dan terjadi pengereman yang menguntungkan. Pada
seting bagian depan ini pastikan bahwa mur dan ring terpasang dengan
baik, untuk mengikat mur pada tiang roler sebaiknya juga pasangkan ring
kunci, ini bermanfaat saat mini 4wd meluncur mur tidak akan terbuka.
Untuk
bagian belakang sebaiknya juga dipasangkan 2/dua lapis bemper
(yah,,lumayan koceknya,,) ini bermanfaat, untuk memegang tiang roler
juga untuk memegang spaser pemasangan sky berguna untuk pengereman
bagian belakang. Dibagian bemper belakang ini benar-benar harus kuat
karena bemper berperan untuk pengikat tiang roler, pengikat rem sky. Rem
sky dapat juga dipergunakan bemper depan FRP atau menggunakan bemper
lurus/ mirip stik ice cream.
Jarak
antara rem sky pada bagian lantai / track lebih kurang 1 mm (jangan
lebih dari 1 mm) dan yakinkan pemasangan mur pada bagian bawah harus
digosok dengan amplas/kertas pasir, dan pada permukaan rem bagian
belakang benar-benar sudah halus, sehingga pengereman bekerja dengan
merata pada saat mini4wd melintasi tanjakan / gunungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar